Apa itu Salesforce.com ?
CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. CRM sendiri merupakan suatu sistem informasi perusahaan yang diterapkan untuk menejemen hubungan pelanggan di suatu perusahaan. Dengan CRM, perusahaan berorientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan terhadap produk dari perusahaan tersebut. Contoh dari komponen CRM yaitu callcenter, sales force, technical support, marketing, dan lain-lain.
Lalu apa gunanya suatu perusahaan menggunakan CRM dan apa keuntunganya? Dengan menggunakan CRM maka suatu perusahaan dapat meneliti/manganalisa kebiasaan pelanggannya, yang nantinya data yang didapat bisa dianalisa agar pelanggan tersebut merasa puas dengan layanan/produk dari perusahaan tersebut. Selain itu denganadanya customer-service/call-center maka perusahaan juga bisa memuaskan pelanggannya dengan pelayan atas produk yang telah ada ditangan pelanggan dari perusahaan tersebut. Dengan CRM pula, perusahaan dapat men-tracking para pelanggannya dan mengusahakan untuk tetap dapat mempertahankan pelanggan tersebut.
Setelah mengetahui gambaran dari CRM, dapat disimpulakan CRM berfungsi untuk memuaskan pelanggan. Dan seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu penyedia jenis software dari CRM adalah SalesForce.com. Layanan/produk dari salesforce.com antaralain adalah sales cloud, service cloud, chater, force.com platform, radian 6, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar